BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Bahasa merupakan kegiatan pokok manusia dalam kehidupan sehari-hari, karena bahasa itu sendiri merupakan alat penghubung antara sesama. Bahasa adalah alat interaksi sosial, dalam arti alat untuk menyampaikan pikiran, gagasan, konsep atau juga perasaan. (cher, 97).[1]
Namun, kegiatan berbahasa ini tidaklah gampang, karena dalam bahasa ada kaidah-kaidah tertentu yang harus diketahui oleh pengguna bahasa itu sendiri. Karena apabila salah dalam menggunakan bahasa, maka akan mengakibatkan masalah yang fatal meskipun bahasa itu secara hukum benar. Oleh karena itu, perlu kiranya kita mempelajari ilmu tentang bahasa, agar bahasa kita tidak menimbulkan masalah yang fatal sehingga diri kitapun selamat. Karena keselamatan diri seseorang itu tergantung sejauh mana orang itu dapat menjaga lisannya dalam hal ini adalah bahasa. Seperti sabda nabi Saw.
سـلامـةالإنسـان بحـفـظ اللـسـانـه(ألحـديث)
Aretinya: Keselamatan manusia terletak pada lisannya(bahasa). (Al-Hadits)
Diantara ilmu yang perlu dikuasai oleh pengguna bahasa hususnya bahasa Arab adalah التـقديـم والتـأخـير. Dengan ilmu ini mutakallim dapat menyesuaikan kalam yang akan disampaika.
B. Rumusan Masalah
Berangkat dari latar belakang di atas, maka penulis menyajikan beberapa rumusan masalah, diantaranya sebagai berikut:
1. Apa yang dimaksud التـقديـم والتـأخـير?
2. Apa penyebab dari terjadinya التـقديـم والتـأخـير?
C. Manfa’at dan Tujuan
Adapun manfaat dari penulisan makalah ini kita dapat berbahasa sesuai dengan muqtadlal hal-nya dan juga kita dapat mengetahui beberapa struktur kalimat yang ada dalam frase hususnya dalam bahasa arab. Dan juga kita dapat mengambil beberapa manfa’at yang lain diantaranya:[2]
- Menambah keimanan kita terhadap al-qur’an karena kita dapat mengetahui ketinggian nilai bahasa al-Qur’an.
- Dapat berbicara dan menulis dengan teratur, sesuai dengan muqtadlal hal-nya/ situasi dan kondisi dengan cara yang indah.
Adapun tujuan secara khusus untuk memenuhi tugas mata kuliah balaghah dan kita dapat mengetahui sebab-sebab التـقديـم والتـأخـير. Dan secara umum diharap dengan mempelajari ilmu ini kita dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari hususnya dalam berbahasa kita, baik berbicara maupun menulis.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian التـقديـم والتـأخـير
Kata التـقديـم menurut bahasa berasal dari kata قدم yang mempunyai arti “mendahulukan”. Sedangkan menurut pengertian ilmu balaghah adalah mendahulukan kalimat yang dianggap penting karena adanya sebab-sebab tertentu.
Sedangkan kebalikan atau lawan dari التـقديـم adalahالتـأخـير. التـأخـير menurut bahasa berasal dari akar kata أخـر yang berarti “mengahirkan”. Sedangkan menurut istilah ulama balaghah ialah mengahirkan kalimat karena adanya factor yang mendorong pengahiran tersebut.
Jadi, التـقديـم والتـأخـير merupakan bagian ilmu balaghah yang membahas tentang bagaimana mendahulukan atau mengahirkan kalimat yang disebabkan dengan adanya faktor-faktor tertentu.[3]
Adapun kalimat yang mengalami التـقديـم والتـأخـير adalah bisa berupa jumlah ismiyah, fi’liyah dan sejenisnya. Dan perlu diketahui ada beberapa kalimat yang tidak boleh diالتـقديـم والتـأخـير, kalimat itu adalah na’at, taukid, badal dan athaf bayan.[4]
B. Faktor-faktor Pendorong التـقديـم والتـأخـير
Dalam berbahasa (berbicara) seseorang seorang mutakallim tadak mungkin dapat menyampaikan maksud dan tujuannya dengan satu sekaligus, akan tetapi masih memerlukan beberapa rentetan kata agar maksud dan tujuannya dapat dimengeri oleh mukhathab. Oleh sebab itu seorang mutakallim harus peka atau jeli terhadap situasi dan kondisi yang ada agar perkataannya itu d dengan cepat dapat dimengerti oleh mukhathab.
- Menyegerakan kabar gembira/susah (تعجيل المسرّة أوالمساءة)
Seperti النجاح قد نلت ياأخي : (gembira)
القصاص حكم به القضى (susah)
- Menghususkan (التخصيص)
Seperti: اياك نعبد واياك نستعين
- Nerindukan (التشويق)
Seperti: ثلاثة لايعلم مقدرها الصحةوالحد والغني
Faktor-faktor التـقديـم والتـأخـير tidaklah dapat ditentukan secara khusus. Karena apabila terjadi تـقديـم maka sudah pasti ada yang diتـأخـير. Demikian juga sebaliknya apabila terjadi تـأخـير, maka sudah pasti ada yang di تـقديـم. Karena keduanya merupakan pasangan yang tidak dapat dipisah satu dengan yang lainnya.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
التـقديـم والتـأخـير merupakan bagian ilmu balaghah yang membahas tentang bagaimana mendahulukan atau mengahirkan kalimat yang disebabkan dengan adanya faktor-faktor tertentu
Adapun faktor pendorong terhadap التـقديـم والتـأخـير diantarnya adalah:
- Menyegerakan kabar gembira/susah (تعجيل المسرّة أوالمساءة)
- Menghususkan (التخصيص)
- Nerindukan (التشويق)
Dan juga perlu diketahui bahwa Faktor-faktor التـقديـم والتـأخـير tidaklah dapat ditentukan secara khusus. Karena apabila terjadi تـقديـم maka sudah pasti ada yang diتـأخـير. Demikian juga sebaliknya apabila terjadi تـأخـير, maka sudah pasti ada yang di تـقديـم. Karena keduanya merupakan pasangan yang tidak dapat dipisah satu dengan yang lainnya
DAFTAR PUSTAKA
الشيـخ مصطفى طموم. بلاسنـة. قاعـداللغـةالعربيـةلتـلامذالدراس الثنـاويـة. سورابيا: الهداية
Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik: Kajianteoritis, Jakarta: RINEKA CIPTA
Wahyuddin, Yuyun. 2007. Menguasai Balaghah: Cara Cerdas Berbahasa. Yogyakarta: NURMA MEDIA IDEA
Imam Akhdlori. 1979. Ilmu Balaghah: Terjemah Jauhar Maknun. Bandung: PT. Al-Ma’arif
DAFTAR ISI
Daftar Isi.................................................................................................................... | i | |
BAB I PENDAHULUAN | | |
A | Latar Belakang...................................................................................................... | 1 |
B | Rumusan Masalah................................................................................................. | 1 |
C | Manfa’at dan Tujuan............................................................................................. | 2 |
BAB II PEMBAHASAN | | |
A | Pengertian التـقديـم والتـأخـير ……...……………………………………..... | 3 |
B | Faktor-faktor Pendorong التـقديـم والتـأخـير.................................................... | 3 |
BAB III PENUTUP | | |
A | Kesimpulan........................................................................................................... | 6 |
Daftar Pustaka........................................................................................................... | 7 |

Makalah ini diajukan dalam rangka
memenuhi Tugas Ahir Semester (UAS)
Mata Kuliah Balaghah
Dosen Pengampuh: Pujianto, M. Pd.I

Oleh:
H A R I R I
NIMKO: 2009.4.129.0002.1.00005
SEKOLAH TINGGI ISLAM AL-KARIMIYAH (STIA)
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB (PBA)
Braji Gapura Sumenep
2011
Tidak ada komentar:
Posting Komentar